Tentang PerDIK

MUKADDIMAH

Kami meyakini, bahwa ketidakadilan merupakan inti atau akar dari semua permasalahan kemasyarakatan yang terjadi kapan pun dan dimana pun sepanjang sejarah peradaban manusia, terutama di kalangan warga DIFABEL yang selama ini mayoritas masih berada di lapisan ekonomi, politik dan sosial-budaya terbawah dan tersisihkan.

Bahwa tatanan masyarakat yang terbangun hingga sekarang merupakan tatanan yang tidak adil, sehingga mela­hirkan berbagai ketimpangan ekonomi, politik dan sosial budaya. Akibatnya, sebagian orang menjadi semakin sejahtera, memiliki akses yang besar terhadap berbagai sumberdaya; punya kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengekspresikan diri, dan dapat menentukan proses pengambi­lan keputusan yang berpengaruh bagi masyarakat luas. Sebaliknya, sebagian besar rakyat khususnya DIFABEL semakin tidak berdaya, tersisih dan hanya menjadi obyek bahkan menjadi korban pembangunan belaka.

Karenanya, segala usaha dan cita-cita untuk menghapuskan semua jenis dan bentuk ketidakadilan bagi DIFABEL yang terjadi pada semua tingkatan, yakni dengan memberdayakan dan membalikkan keterbawahan dan ketersisihan kelompok-kelompok DIFABEL tersebut, akan lebih mampu memberikan sumbangan yang lebih besar bagi terwujudnya tatanan sosial-ekonomi, politik, dan budaya yang lebih adil di masa depan, sehingga mereka pun mampu memberikan sumbangsih bagi kemajuan peradaban dan kemanusiaan pada umumnya.

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut di atas, perlu dilakukan transformasi sosial melalui upaya‑upaya sistematik, di tingkat mikro dan makro, dalam berbagai bidang kehidupan. Cita-cita itu dan hanya mungkin menjadi kenyataan apabila nilai-nilai atau prinsip-prinsip dasar yang dianut berikut ini dan menjadi pegangan dalam proses perwujudannya. Nilai-nilai dasar dimaksud adalah:

  1. Penghormatan atas martabat yang melekat, otoritas individual termasuk kebebasan untuk membuat pilihan sendiri dan kemandirian setiap orang.
  2. Non-diskriminasi, yakni sikap dan prilaku yang tidak membedakan siapapun atas dasar preferensi apapun.
  3. Partisipasi penuh dan efektif, serta keterlibatan dalam masyarakat
  4. Penghormatan atas perbedaan dan penerimaan bahwa disabilitas adalah bagian dari keragaman manusia dan kemanusiaan
  5. Kesetaraan kesempatan
  6. Aksesibilitas
  7. Kesetaraan antara laki – laki dan perempuan
  8. Penghormatan atas perkembangan kapasitas penyandang disabilitas anak dan penghormatan atas hak penyandang disabilitas anak untuk mempertahankan identitas mereka.
  9. Kesetiakawanan dan kesetaraan; berusaha membangun hubungan-hubungan dan kerjasama dengan semua fihak atas dasar kesamaan keprihatinan dan ke-dudukan yang setara.

Karenanya, kami, mendirikan lembaga PERDIK, yang merupakan singkatan dari PERGERAKAN DIFABEL INDONESIA UNTUK KESETARAAN, yang bertujuan saling membantu, saling mengisi, dan saling meneguhkan dalam melakukan transformasi sosial melalui upaya‑upaya sistematik, baik di tingkat mikro maupun makro, dalam berbagai bidang kehidupan untuk kesejahteraan Difabel dan rakyat di seluruh Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan. Organisasi ini didirikan sesuai sifatnya sebagai perkumpulan di mana berbagai gagasan atau ide tentang keberpihakan dan kesetaraan DIFABEL berkumpul. Meskipun dalam praktik yang berhimpun adalah orang, tetapi yang mempertemukan adalah kesamaan-kesamaan ide dan gagasannya, oleh karenanya statuta ini diniatkan untuk mengatur secara pokok-pokok suatu perhimpunan.

Nama PERDIK telah digunakan sejak didirikan pertama kali pada tanggal 11 Juni 2016 dalam bentuk lembaga dengan nama Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan.

Sesuai tujuan pendiriannya, maka PERDIK mengembangkan misi yang pada prinsipnya dititikberatkan kepada pengembangan kapasitas dan sumberdaya, secara bersama-sama maupun dilakukan masing-masing anggotanya, untuk menggulirkan proses-proses transformasi sosial, antara lain, dengan:

  • Melakukan penelitian dan kajian-kajian serta analisis kritis terhadap berbagai kebijakan pada berbagai aras dan tingkatan (lokal, nasional, internasional), dan mendorong penyelenggaraan perubahan kebijakan yang dinilai tidak adil bagi difabel;
  • Melakukan penguatan dan pengembangan berbagai organisasi difabel untuk mandiri dan berkontribusi melakukan transformasi sosial;
  • Menyelenggarakan proses-proses pendidikan kritis bagi difabel dalam rangka mendorong transformasi sosial;
  • Melaksanakan koordinasi dan mengembangkan jaringan dan kerjasama dengan berbagai fihak jaringan di luar PERDIK, dalam rangka menciptakan sinergi yang mendorong gerakan sosial menuju kesetaraan dan kesejahteraan rakyat.

Karena itu, PERDIK merupakan wahana pembelajaran dan pengembangan bersama bagi anggotanya, sehingga upaya perwujudan cita-cita yang dijalankan oleh setiap anggotanya, baik melalui PERDIK maupun dalam komunitas-komunitas di pelbagai wilayah masing-masing, akan menjadi lebih berdaya dan tepat guna. PERDIK meyakini hanya dengan terus menerus mengembangkan dan menggulirkan wacana dan strategi penguatan gerakan rakyat/gerakan difabel, maka gerakan sosial yang mendorong transformasi sosial akan terus bergulir sehingga cita cita tersebut di atas dapat terwujud.

Atas dasar pertimbangan dan kepentingan kemanusiaan di atas, dan dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dengan ini bersepakat untuk menyusun Anggaran Dasar Lembaga PERGERAKAN DIFABEL INDONESIA UNTUK KESETARAAN sebagai berikut (terlampir).

STRUKTUR LEMBAGA PERGERAKAN DIFABEL INDONESIA UNTUK KESETARAAN (PERDIK) PERIODE 2017 – 2022

 Badan Pengurus

  1. Ishak Salim, S.IP., MA. (Ketua)
  2. Muhammad Arifin , SS., S.Pd (Sekretaris)
  3. [Bendahara]

 

Direktur Eksekutif

Abd. Rahman, S.Pd

Manajer Admin dan Kantor : Nur Syarif Ramadhan dan Nur Hidayat

Manajer Keuangan: Fahriah Tahar

Bendahara: Nur Afiah Hasbullah

Manajer Hubungan Kerjasama dan Fundraising: Hairuddin, S.IP dan [tandem]

Manajer Advokasi dan Pengorganisasian: Fauziah Erwin, SH dan [tandem]

Manajer Produksi Pengetahuan: Irawan, S.IP. MSidan [tandem]

Manajer Usaha Ekonomi Lembaga: Ida Arianti Said, SE dan [tandem]

Manajer Media dan Informasi: Abd. Azis, S.I.Kom dan [tandem]

Manajer Hubungan Antar Anggota: Erwin T dan [tandem]

Koordinator Daerah

Kabupaten Enrekang : Calin Ansar dan Paluphy-Lutfi

_______________________________________________________

Alamat Kantor:

Jl. Raya Pendidikan Blok B5 No. 8

Makassar 90222

Telpon: 0411 862 331